Gadged Multi Fungsi

Jenis-jenis Kepala Bor (Chuck Drill)

Mengenal Kepala (Bor Chuck Drill)

Selama ini, kita mengenal mesin bor atau drill sebagai perkakas untuk membuat lubang pada dinding, kayu, plastik, dan sejenisnya. Namun, saat ini fungsi mesin bor sudah sangat beragam.

Kita bisa memanfaatkan mesin bor untuk membuat alur, perluasan, serta menghaluskan secara akurat dan presisi. Banyak sekali inovasi yang kini berkembang pada pengaplikasian mesin bor. Ragam mata bor juga membuat mesin bor memiliki fungsi yang beragam seperti membuat lubang kaca, mengencangkan sekrup atau baut, dan mengamplas bekas las.

Namun, agar mata bor bisa berfungsi dibutuhkan chuck drill atau kepala bor yang sesuai. Chuck drill sendiri berfungsi untuk memasang center drill dan mata bor. Chuck drill juga menjadi kunci untuk memperbaiki mata bor pada setiap jenis pengerjaan. Sebab, kesesuaian chuck drill dan mata bor juga menentukan kekuatan yang mengencangkan mata bor bor shank silinder atau heksagonal dengan aman.


Jenis-Jenis Kepala Bor

Umumnya, ada dua jenis chuck drill atau kepala bor. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Chuck Drill dengan kunci

Chuck drill keyless adalah jenis kepala bor yang tidak memiliki kunci untuk mengencangkn mata bor.

Chuck drill key less

Berbeda dengan chuck drill keyless, jenis kepala bor ini dilengkapi dengan kunci sebagai pengunci.

Ukuran kedua chuck drill ini sangat beragam. Namun, ukuram umum yang dijual di pasaran adalah 10mm, 13mm, 16mm dan 20mm. Chuck drill 10 mm digunakan untuk mesin bor berukuran kecil. Sesuai namanya, jenis chuck drill ini bisa digunakan untuk mata bor dengan ukuran maksimal 10 mm. Jadi, chuck drill ini tidak bisa digunakan untuk mata bor yang diameternya lebih dari 10 mm.

Sementara itu, chuck drill 16 mm memiliki ukuran yang lebih besar. Biasanya, chuck drill 16 mm digunakan untuk mesin bor duduk dengan mata bor berukuran max 16 mm. Chuck drill ini tidak bisa digunakan untuk mata bor yang diameternya lebih dari 16 mm.


Connecting chuck drill

Setiap chuck drill juga dilengkapi dengan connecting berupa sok atau drat. Kepala bor yang dilengkapi drat ni memiliki bagian dalam berupa drat dan bisa digunakan untuk mata bor berukuran maksimal 13 mm.

Biasanya, jenis kepala bor ini digunakan untuk mesin bor berukuran besar. Ukuran drat juga bermacam-macam, ada yang 13 mm, 10 mm, dan sejenisnya. Chuck drill dengan drat berukuran 10 mm digunakan untuk menggantikan kepala bor yang kecil, begitu pula sebaliknya.

Sementara itu, chuck drill dengan connecting sok memiliki model halus dan tidak dilengkapi drat. Cara memasangnya hanya memukul bagian atas dengan palu. Biasanya, kepala bor jenis ini memiliki ukuran 13 mm, 16 mm, dan 18 mm. .

Sekaranglah waktu yang tepat bagi anda untuk memiliki website landing page yang profesional dengan fitur yang mudah digunakan untuk mengatur halaman penjualan anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top