Gadged Multi Fungsi

Mengenal Jenis-jenis Mata Bor

Mengenal Jenis-Jenis Mata Bor(Chuck Drill)

Mesin bor adalah alat yang serbaguna untuk membuat lubang di berbagai media seperti logam, plastik, kayu, dinding, dan sejenisnya. Namun, mesin bor tidak akan bisa memberikan fungsi yang sempurna jika tidak dilengkapi dengan mata bor. Mata bor sendiri memiliki type dengan kegunaan berbeda-beda.

Dari segi material, mata bor juga terbuat dari bahan berbeda, yang disesuaikan dengan tujuan penggunaanya. Menggunakan mata bor yang tepat akan membantu meningkatkan efisiensi kerja dan menghemat budget.

Material Mata Bor

Meskipun hampir semua bit terbuat dari logam, komposisi logam yang digunakan pun berbeda–beda.perbedaannya terletak pada komposisi logamnya. Berikut ini adalah beberapa bahan umum yang digunakan dalam pembuatan mata bor:

1. Baja Berkecepatan Tinggi

Baja kecepatan tinggi (HSS) adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam pembuatan mata bor. Mata bor dari logam ini sangat cocok untuk mengebor kayu, plastik, dan logam lunak. Bit baja berkecepatan tinggi terbuat dari baja karbon dengan aditif kromium dan vanadium.

2. Kobalt

Mata bor kobalt biasanya digunakan untuk mengebor baja tahan karat dan bahan keras lainnya karena memiliki struktur yang sangat kuat. Terkadang, mata bor ini terdiri dari paduan kobalt dan HSS agar bisa digunakan untuk mengebor semua jenis permukaan.

3. Karbida Padat

Saat menangani proyek yang melibatkan material yang sangat keras, sebaiknya pertimbangkan mata bor karbida padat. Jenis mata bor ini memiliki struktur yang sangat kuat sehingga mampu melubangi benda yang keras.

4. Baja perkakas

Baja perkakas biasanya dipadukan dengan karbida agar bisa digunakan untuk pengeboran benda keras seperti batu, ubin, dan beton.


Pelapis Mata Bor

Pelapis mata bor juga terbuat dari bahan yang berbeda. Berikut bahan yang digunakan sebagai pelapis mata bor antara lain:

1. Oksida Hitam

Oksida hitam menambahkan perlindungan korosi, meningkatkan tempering dan menghilangkan stres pada mata bor, mengurangi pengelasan yang merusak dan membantu mempertahankan pelumas pengeboran. Oksida hitam cocok untuk mengebor besi dan baja tetapi tidak direkomendasikan untuk mengebor aluminium, magnesium, atau bahan serupa.

2. Perunggu Oksida

Perunggu oksida meningkatkan tempering dan menghilangkan stres dari bit.

3. Titanium Nitrida (TiN)

Tin membantu meningkatkan kekerasan mata bor dan memberikan penghalang termal yang menghasilkan peningkatan tingkat produksi dan umur pahat yang lebih lama pada material yang lebih keras. TiN juga memberikan manfaat yang sama seperti oksida hitam dan perunggu. Mata bor berlapis TiN cocok untuk mengebor besi dan baja serta aluminium, magnesium, dan sejenisnya.


Jenis-Jenis Mata Bor

Dilihat dari bentuknya, mata bor juga memiliki beberapa bentuk seperti berikut:

1. Twist drill

Twist drill atau mata bor putar adalah jenis mata bor yang paling umum dan digunakan untuk pengeboran sehari-hari di semua jenis material. Twist drill juga dikenal dengan nama spiralbohrer di kalangan teknisi. Jenis mata bor ini bisa digunakan pada mesin bor tangan atau duduk, baik secara horizontal atau vertikal. Ukuran yang tersedia di pasar berkisar 4 hingga 12 mm.

2. Countersink

Jenis mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lubang pada permukaan yang rata dan pada ujung 90 derajat. Fungsi mata bor ini adalah untuk menghilangkan atau merapikan tepi lubang hasil pengeboran.

3. Flat bit

Mata bor ini biasanya digunakan untuk melubangi material bersifat lunak. Ciri khas mata bor ini adalah memiliki sekop atau 2 ujung tajam dan satu titik tengah. Mata bor ini dirancang untuk mengebor blind hole bawah datar untuk engsel gaya Eropa, dan sejenisnya. Flat bit juga digunakan untuk mengebor lubang tembus berdiameter besar tanpa sumbat yang biasa digunakan saat menggunakan gergaji lubang. Mata bor ini digunakan untuk kunci, knop pintu, lubang kabel, dan sejenisnya.

4. Counterbore

Mata bor counterbore berguna untuk membuat blind hole berbentuk datar di bagian bawah dengan lubang tengah berdiameter lebih kecil yang menembus material. Tujuan dari counterbore biasanya untuk menyembunyikan kepala pengikat (dengan menutupi lubang) atau menyediakan ceruk untuk mencegah pengikat menonjol di atas permukaan material yang dibor.

Itulah 4 jenis mata bor yang umum digunakan dalam dunia teknisi. Selain dari jenisnya, mata bor juga memiliki beragam merek. Salah satu merek mata bor yang terkenal adalah Somta. Somta menawarkan berbagai jenis mata bor dengan standar ISO,ANSI, dan JIS.

Merk SOMTA memang belum terkenal di Indonesia, akan tetapi kualitasnya sudah banyak diakui oleh penggunanya.Jika Anda butuh mata bor merk Somta atau alat teknik perkakas lainnya, Anda bisa menghubungi Inpertek Technology. Inpertek Technology adalah perusahaan penyedia peralatan teknik dan perkakas industri yang menjual berbagai produk dan merk. Produk kami dijamin berkualitas dan terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut produk kami, Anda bisa menghubungi kami di 081318574325 atau 021 89913270.Anda juga bisa melihat produk kami di sini. Untuk mengetahui ukuran mata bor Somta Anda juga bisa melihatnya di sini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top